Wanita Muda Menggelapkan 39 Unit Mobil Rental


Rental Mobil, Penggelapan

Rental Mobil, Penggelapan

Seorang ibu rumah tangga bernama Lydia, menyerahkan diri ke Polres Jakarta Selatan. Wanita 30 tahun itu menyerahkan diri setelah menggelapkan 39 unit mobil. “Dia menyerahkan diri karena merasa tertekan,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Jakarta Selatan, Ajun Komisaris Besar Hermawan, Rabu 30 Mei 2012.

Hermawan menjelaskan dalam menjalankan aksinya pelaku berpura-pura menyewa mobil kepada tempat persewaan mobil atau rental. Setelah beberapa hari kemudian ia menjualnya. Selain kepada rental, ia juga berpura-pura meminjam mobil kepada sejumlah kenalannya.

Menurut dia, pelaku menjual mobil curian itu seharga Rp30 hingga Rp40 juta. Harganya jauh di bawah pasaran karena tidak dilengkapi dengan dokumen. “BPKB ada di pemilik asli, tersangka hanya memegang STNK mobil,” ucapnya.

Hermawan mengungkapkan, Lydia menggelapkan mobil sejak Desember 2011. Sejak itu pula, banyak laporan masuk ke Polres Jakarta Selatan mengenai adanya kehilangan mobil. Para korban juga berusaha mencari keberadaan pelaku.

Polisi kemudian berusaha menghubungi keluarga pelaku. Pelaku diminta menyerahkan diri. Akhirnya, Lydia menyerahkan diri pada Rabu 16 Mei 2012.

Selama melakukan kejahatan ini, tidak satu pun anggota keluarga Lydia yang mengetahui. “Kepada suaminya ia mengaku berbisnis,” kata Hermawan.

Barang bukti yang berhasil disita yakni sembilan Toyota Avanza, satu unit Suzuki APV, satu unit Toyota Kijang Innova, dua unit Toyota Vios, dan satu unit Daihatsu Xenia. Kendaraan-kendaraan itu disita di Jakarta, Majalengka, dan Subang.

Hingga kini Lydia ditetapkan sebagai pelaku tunggal. Polisi masih memeriksa beberapa orang yang diduga turut membantunya dalam melakukan penggelapan. Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 372 KUHP tentang penggelapan yang ancamannya empat tahun penjara.  (Vivanews)

Di balik penutup kepala warna hitam mengenakan pakaian tahanan Polres Metro Jakarta Selatan. Pelaku wanita cantik berinisial LYD, 30, tertunduk malu dalam gelar perkara di Polres Metro Jakarta Selatan, Rabu (30/5) siang kemarin. Pasalnya LYD menggelapkan sebanyak 39 mobil rental dari berbagai pengusaha penyewaan mobil (rental). Aksinya terhenti setelah jajaran Polres Metro Jakarta Selatan membekuk pelaku ibu beranak dua.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Hermawan menegaskan, pelaku yang tidak bekerja ingin hidup mewah, sehingga mengambil jalan pintas melakukan penipuan. Awalnya pelaku LYD ini menyewa kepada pengusaha mobil rental baik-baik dan pribadi. Dalam waktu 6 bulan puluhan mobil telah digelapkan pelaku. ”Mobil yang disewa (rental) dan dari perorangan tersebut kemudian dia (LYD) gadaikan dari Rp 30 juta-Rp 40 juta,” tegasnya.

Ditambahkannya, selama lima bulan, LYD meraup keuntungan sebesar Rp 900 juta dari mobil-mobil yang telah digadaikannya di Majalengka dan Subang. Setelah mendapatkan laporan dari para korbannya, petugas kemudian mengembangkan kasusnya. Dan memberitahukan kepada pihak keluarga pelaku agar LYD menyerahkan diri ke kantor polisi. “LYD menyerahkan diri setelah kita koordinasi kepada pihak keluarga LYD,” pungkasnya pada wartawan, Rabu (30/5) siang. (jawapos)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s