Waspada Kejahatan Modus Pinjam Mobil Rental


Tribun Jogja – Sabtu, 28 Juli 2012 19:33 WIB

Cek-Mesin-Moboli.jpg
TRIBUN JOGJA/THERESIA ANDAYAN
MUDIK – Petugas rental mobil Limas Trans mengecek kendaraan yang akan disewakan untuk dalam kota kepada pemudik
Berita Terkait
Laporan Reporter Tribun Jogja, Yoseph Hary W

TRIBUNJOGJA.COM,YOGYA – Selain perampokan atau pencurian dengan pemberatan, jelang ramadan ini juga rawan penggelapan dan penipuan dengan modus pinjam mobil milik rental.

Hal itu sudah dialami Setiadi (40) warga Umbulharjo. Mobil APV Arena AB 1232 TA yang direntalkannya, ternyata hingga batas waktu belum dikembalikan peminjamnya. Dia pun melapor ke Polresta Yogyakarta, Kamis (26/7/2012).

Peminjamnya diduga bernama Junaedi (35) warga Mergangsan. Semula dia meminjam untuk waktu satu atau dua hari sejak Minggu lalu. Namun pada batas waktunya ternyata tidak dikembalikan. Bahkan, ketika dihubungi yang bersangkutan beralasan masih membutuhkannya.

Polresta selain menindaklanjuti dengan mengusut kejadian itu, juga mewanti-wanti kepada para pengelola rental agar lebih hati-hati dan cermat merentalkan kendaraan bermotor.

Kaur Bin Operasional (KBO) Satreskrim Polresta Yogyakarta Iptu I Made Hendra mengungkapkan, kondisi masyarakat saat ini cenderung berkebutuhan tinggi. Setiap pengusaha atau pengelolanya, tidak ada salahnya untuk lebih meningkatkan kewaspadaan.

Untuk para pemilik rental, dia menyarankan agar lebih selektif terhadap penyewa. Pengelola harus memastikan administrasi peminjam jelas dan lengkap.

Selain itu, menurutnya, mobil yang direntalkan agar diberi pengaman tambahan. Salah satunya GPS untuk memonitor keberadaan mobil. “Jangka waktu direntalnya juga jangan terlalu lama. Usahakan saat perpanjangan, mobil yang disewa juga ditunjukkan,” katanya, Sabtu (28/7/2012).

Leave a comment